16 October 2007

E - Technology

Pengertian E-Technology
E- technology adalah ilmu yang memepelajari tentang teknik atau cara yang telah memenggunakan sistem elektronik sehingga mempermudah manusia meningkatkan kulaitas kehidupannya.

Konsep E-Technology
Intelejensia Buatan (Artificial Intelegency)

Tujuan E-Technology ini yaitu Dengan intelegensia buatan memungkinkan komputer bisa menerima pengetahuan melalui input manusia dan menggunakan pengetahuannya itu melalui proses simulasi dan berfikir manusia untuk memecahkan suatu masalah.

Arti Intelegensia
Kemampuan manusia untuk memperoleh pengetahuan dan dapat melaksanakannya dalam praktek, yang dalam hal ini berartikemampuan berfikir dan nalar. Kecerdasan buatan terdiri dari dua bagian pokok, yaitu Pangkalan Pengetahuan (knowledge base dan Mekanisme Inferensi (kemampuan menarik kesimpulan). Pangkalan Pengetahuan berisi fakta tentang obyek dalam ruang lingkup yang ditentukan. Mekanisme Inferensi adalah suatu pangkalan prosedur yang digunakan untuk menguji pangkalan pengetahuan dengan cara sistematik pada saat pemecahan masalah. Pada mekanisme ini dilakukan pelacakan pada pangkalan pengetahuan untuk mendapatkan solusi.
Bagian utama dari aplikasi AI (Artificial Intelegency) adalah pengetahuan , dimana pengetahuan itu merupakan suatu pengertian tentang beberapa wilayah subyek yang diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman

Komputasi AI
Software AI didasarkan pada representasi dan manipulasi simbol, simbol ini dapat berupa huruf, kata atau bilangan yang digunakan untuk menggambarkan obyek, proses dan hubungannya
Teknik dasar yang digunakan dalam AI ini adalah pelacakan dan penyocokan pola. Dengan diberi informasi awal, software AI melacak pangkalan pengetahuan untuk mencari pola dan kondisi-kondisi yang spesifik sesuai dengan kriteria agar dapat memecahkan masalah yang diinginkan. Secara harfiah komputer akan terus mencari pengetahuan yang ada sampai menemukan jawaban yang terbaik atau jawaban yang paling cocok
Aplikasi AI
Permainan
Kemampuan komputer untuk menjalankan games merupakan demonstrasi yang luar biasa tentang intelegensia manusia.
Pemecahan masalah umum
Contohnya adalah MACSYMA yang bisa melaksanakan lebih dari 500 oiperasi matematika yang berbeda.
Expert System
Expert system dapat mengumpulkan dan menyimpan pengetahuan seorang atau beberapa orang pakar.

Kendala – kendala
Ø Masalah biaya dan harga merupakan masalah utama yang dihadapi dalam pengembangan dan penggunaan AI ini.
Ø Selain itu pengembangan software AI ini merupakan hal yang rumit dan diperlukan waktu yang sangat lama dan karenanya biaya akan menjadi lebih tinggi.
Ø Akibat dari kelemahan di atas, hanya ada bebrapa produk AI komersial yang praktis sudah dipasarkan.

Solusi
Ø Dengan mencari sponsor sebanyak – banyaknya akan mengatasi masalah biaya dan harga yang merupakan masalah utama yang dihadapai selama ini.
Ø Dengan memperbanyak tenaga ahli akan mempersingkat waktu pengembangan software ini.
Ø Apabila kedua solusi diatas sudah terpenuhi maka bebrapa produk AI komersial yang prktis sudah siap dipasarkan.

No comments: